Membuat Sinkronisasi Folder Lokal ke Folder Sharing Menggunakan Folder Redirection pada Samba Active Directory Server

Artikel kali ini, membahas tentang bagaimana cara melakukan sinkronisasi file pada suatu folder lokal komputer ke folder sharing pada sebuah file server / file sharing. dengan melakukan sinkronisasi merupakan suatu tindakkan preventive apabila komputer / harddisk, atau data anda corrupt atau rusak harddisknya, dengan begitu anda masih mempunyai data pada folder sharing yang telah disinkron-kan.

Folder Redirection sama halnya dengan feature Sync Center yang ada pada Windows 7 atau Windows 10. dengan Folder Redirection kita bisa memilih folder mana yang akan diterapkan untuk sinkronisasi.  Oke langsung ke Implementasi ;

Pada percobaan kali ini, saya asumsikan Folder lokal yang saya pilih untuk sinkronisasi adalah My Document, karena umumnya pada folder ini lah file-file disimpan. kemudian terdapat sebuah Folder Sharing pada File Sharing Server, yang mana nantinya akan saya konfigurasi agar file yang berada pada My Document dapat disinkronisasikan ke Folder Sharing. Syarat untuk melakukan ini, PC Client dengan Server harus tergabung dalam 1 domain.karna kita akan mellakukan setting menggunakan GPO.

Information System

  • Windows Client
    • IP Address = 192.168.14.114/24
    • Folder = My Document
    • Domain = OMBANGAMBING.COM
    • Active Directory Server = 192.168.15.55/24
    • Windows Account = OMBANGAMBING\Infrastructure1
  • File Sharing Server & Active Directory Server
    • IP Address = 192.168.15.55/24
    • Folder Sharing = \\192.168.15.55\umum
    • Domain = OMBANGAMBING.COM

 

Pertama, Buka Group Policy Management pada Active Directory Server, kemudian pergi ke ombangambing.com > Group Policy Objects > pilih GPO yang diinginkan. kemudian klik kanan > Edit.

Setelah Pilih Menu Edit, Akan muncul Kotak Dialog baru bernama Group Policy Management Editor, Pergi ke User Configuration > Policies > Windows Settings > Folder Redirection. Disini terdapat pilihan Folder yang bisa dilakukan sinkronisasi, sebagai contoh saya memilih folder Document.

Pilih Document > Klik Kanan > Properties.

Kemudian Muncul kotak dialog baru bernama Document Properties, pada tab target, bagian Setting pilih “Advanced – Specify locations for various user groups”. setelah itu tekan tombol Add pada bagian Security Group Membership, setelah itu muncul kotak dialog baru bernama Specify Group and Location, pada bagian Security Group Membership tekan tombol Browse, Pilih Domain Users, kemudian pada bagian Root Path masukkan path folder sharing server, sebagai contoh saya masukkan \\samba4.ombangambing.com\umum atau bisa juga \\192.168.15.55\umum. Tekan OK.

Akan muncul kotak dialog Warning, Tekan OK dan Apply.

Sampai disini, proses setting Folder Redirection pada GPO sudah selesai, untuk mengecek apakah berhasil atau tidak, pada komputer client silahkan logout terlebih dahulu, kemudian login kembali menggunakan account user yang sudah terdaftar pada active directory server. Lalu buka My Computer, Seharusnya pada Folder Document, terdapat logo Hijau sinkronisasi seperti contoh dibawah ini, artinya setting berhasil.

Untuk mengetahui apakah file yang terdapat pada folder Document sudah tersinkron ke folder sharing, bisa dilihat langsung pada server.

atau juga bisa dilihat melalui Drive Mapping (\\192.168.15.55\umum) pada PC Client.

Apabila dari folder local Document menghapus salah satu file, maka file yang berada pada Folder Sharing juga akan hilang. karena sifatnya adalah sinkronisasi.

Oke, sampai disini sudah berhasil melakukan sinkronisasi folder menggunakan Folder ReDirection pada fitur GPO. Sekian.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *