Cara Konfigurasi Roaming Profiles Pada User Account Active Directory

Roaming Profiles adalah fitur yang berfungsi untuk memudahkan user untuk berpindah-pindah komputer melakukan login, maksudnya adalah User Account yang telah dibuat pada Active Directory Server dapat dengan mudah login dimana saja selama komputer tersebut sudah tergabung dalam domain yang sama. anda tidak perlu khawatir jika data anda tidak ada di dalam folder document, download, Video, photo, desktop. karena jika menggunakan fitur roaming profiles, maka file yang berada dalam folder tersebut tetap akan ada / berpindah mengikuti anda login dikomputer manapun.

Cara kerja Roaming Profiles adalah dengan menyimpan seluruh data/files yang anda simpan di dalam C:\Users\nama_profile ke dalam sisi server active directory ketika user tersebut logout. ini sangat berguna jika suatu ketika komputer yang anda gunakan rusak/butuh diperbaiki, maka anda dapat dengan mudah pindah ke komputer lain (yang tergabung dalam 1 domain yang sama) tanpa khawatir data di C:\User\nama_profile hilang.

Namun kelemahan dari Roaming Profiles ini ialah, ketika anda melakukan login pada suatu komputer, maka akan terasa lambat / lama. hal itu dikarenakan sebelum tampilan desktop muncul, sistem akan melakukan proses sinkronisasi data dengan server. lamanya proses sinkronisasi tergantung jumlah data yang anda simpan di user profile anda.

Oke langsung dicoba,

Pertama, Buat Roaming Profile pada Samba Server (contoh saya pakai saba server sebagai active directory). edit file smb.conf menggunakan perintah ;

Kedua, masukkan perintah berikut ;

lalu save, dengan tekan ctrl + x, lalu tekan Y.

Ketiga, pada konfigurasi roaming profile, saya menempatkan di direktory “/home/ubuntu7/datasamba/profiles” sebagai direktori penampung. Maka selanjutnya, Buat direktori tersebut, dengan cara ;

Keempat, selanjutnya konfigurasi Roaming Profiles pada User Account yang diinginkan. dengan cara masuk ke server Active Directory > pilih menu Active Directory User and Computers > Pilih User yang ingin disetting roaming profiles.

membuat-roaming-profiles

Kelima, contoh saya pilih User Daniel Wenas > Klik kanan Properties > pilih Tab Profile. Pada Bagian User profile, isikan Profile path dengan “\\samba4.ombangambing.com\profiles\%USERNAME%” kemudian tekan Apply dan OK. berikut contohnya ;

membuat-roaming-profiles

Keenam, Logout dan Login ulang Windows agar Profiles tersimpan pada Samba 4 Server AD. Dan ketika Logout lagi, semua data disinkronisasi dengan server Samba 4.

Ketujuh, Berikut adalah contoh profiles yang tersimpan pada server, di path yang sudah ditentukan di tahap sebelumnya.

membuat-roaming-profiles

Oke, sampai disini sudah selesai melakukan konfigurasi Roaming Profiles. jika ada pertanyaan, silahkan tulis di komentar ya. thx.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *